Selasa, Juni 17, 2008

RALLY OF INDONESIA ROUND 2

Lubuk Pakam, Medan 13-15 Juni 2008. (AW)
Rally yang kompetitif, itulah ringkasannya.... diikuti sekitar 45 starter yang dilepas di Lapangan Merdeka, Medan pada hari Jumat jam 16.00. Group N terdaftar 14 peserta terlihat Rifat Sungkar yg menggunakan Subaru WRX, Rizal Sungkar dengan Mitsubishi Evo VIII, Akbar Hadianto dengan Mits. Evo IX, Ricardo Gelalel & David Maslan dengan Subaru WRX, Sadikin Aksa dengan Mits. Evo IX, Subhan Aksa dengan menggunakan Mits. Evo VIII stir kiri yang baru tiba dari New Zealand, Benny Lautan dengan Subaru WRX, Fauzy Aldjufrie dengan Suryo Putranto menggunakan Mits. Evo IX dan Ijeck/Uche dari Sumut dengan Subaru WRX.

Subhan Aksa dengan Mitsubishi Evo VIII Stir Kiri

Leg 1.
Tragedi di hari pertama sangat banyak, sebut saja Subhan Aksa yang harus puas menjalani SS 1 hanya 12 km dari 23 km dikarenakan kerusakan pada mobilnya sedangkan Sadikin Aksa yang berpasangan dengan Kukuh Priastowo, terbalik di SS 5 membuat Kukuh P mengalami patah tulang lehernya hingga saat ini masih dirawat di Rumah Sakit

Andi Riza dan Heru Notosuprato dengan Evo IXnya mengalami hal yang serupa, terbalik di SS yang sama dengan Sadikin, Team FBRT hanya menyisakan satu perally nya yaitu Akbar Hadianto.

Tragedi lainnya jatuh ke pasangan Rifat Sungkar/Bill Hayes, Navigator dari Australia itu melakukan kesalahan hitung sehingga melapor ke TC Service lebih cepat 6 menit dari jadwal seharusnya. Posisinya pun langsung melorot ke tujuh dan terlihat Navigatornya pingsan di tenda service setelah mengetahui kesalahannya.
Tragedi bagi Evalube Rally Team terjadi di SS 9 atau Super Special Stage yang di gelar di Sirkuit Cemara Abadi. Dikarenakan interval waktu saat start antara peserta berubah, sehingga Akbar yang paling dirugikan dikarenakan banyak debu yg menutupi jalannya, saat Akbar start, Fauzy berada di sebelah lintasan start sehingga di tikungan Fauzy & Akbar sama-sama tertutup debunya sendiri.
Akbar terus menjalani SSnya meskipun terkena debu Fauzy & Ijeck yang juga sudah ditengah SS, lain halnya dengan Fauzy, berhenti dan balik arah kembali menuju start dilintasan safety, langsung melakukan protes di gerbang start untuk diberikan start ulang tetapi tidak dikabulkan oleh Pimpinan Lomba & Pengawas Lombanya. Menurut saya sih baiknya selesaikan dulu SSnya baru lakukan protes.
Hasil Leg 1, David Maslan/Sean Gelael unggul 1:18' dari Rizal Sungkar/Anthony S dan Akbar Hadianto di tempat ketiga dengan perbedaan 11 detik dari Rizal.

Leg 2.
Perbedaan waktu antara perally dari SS ke SS sangat dekat, skill peraly sudah sangat merata apalagi di 3 SS terakhir (SS 14, 15 & 16) sangat tegang, Akbar Hadianto di posisi ketiga dengan perbedaan waktu 8 detik dari Rizal Sungkar di posisi kedua, sedangkan David Maslan di posisi pertama mempunyai tabungan 1 menit 8 detik dari Rizal.


Tetapi di dua SS terakhir keadaan berubah, Subaru WRX David Maslan dari KFC Rally Team mengalami masalah Differential nya, Rizal dan Akbar siap untuk mencetak waktu terbaik dan suasana makin tegang di kubu Pertamina Gudang Garam Rally Team dan FBRT Management Rally Team, sampai-sampai di service area para mekanik bermain bola untuk mengusir rasa tegangnya.

Di SS terakhir dengan jarak 23 km pertarungan dimulai, Subaru Maslan semakin tidak kompetitif dengan kerusakannya, di SS ini mental pereli sangat ditempa sehingga Rizal lah yang dapat menjadi juaranya, inilah kemenangan pertama Rizal di Event Rally, setelah beberapa tahun mengikuti kejuaraan rally di Indonesia, Akbar harus puas di posisi kedua dan David Maslan di posisi ketiga.

Hasil Lomba :

  1. Rizal Sungkar/Anthony Sarwono, Mits. Evo VIII, 2:09:31
  2. Akbar Hadianto/Arianto Sjarief, Mits. Evo IX, 2:09:56
  3. David Maslan/Sean Gelalel, Subaru WRX, 2:10:03
  4. Ijeck/Uche, Subaru WRX, 2:10:57
  5. Ricardo Gelalel/Hervian S, Subaru WRX, 2:10:58
  6. Rifat Sungkar/Bill Hayes, Subaru WRX, 2:14:23
  7. Marzuki Desky/Kiki Akong, Mits. Evo IV, 2:17:17
  8. Fauzy Aldjufrie/Suryo Putranto, Mits. Evo IX, 2:22:11
  9. Adwitya Amandio/Boy M, Mits. Lancer GTi, 2:26:37
  10. Fian Nasution/Tony Sudhana, Mits. Colt, 2:27:34

Tidak ada komentar: