Minggu, Maret 15, 2009

ROBIN TATO DARI FORMULA KE RALLY

foto : otomotifnet.com
Ketika diajak untuk meliput latihan di sirkuit Mandala Pratama, Cikampek - Jawa Barat, Sabtu (14/03) interallyers langsung menyambutnya, selain untuk mengisi kekosongan event rally, juga untuk melihat persiapan dari junior rally yang akan diadakan pada bulan mei nanti.

Melihat sosok dari Robin Tato adalah sebagai pendatang baru di rally, tetapi setelah mencari info rupanya pria satu ini tidak asing lagi di dunia otomotif khususnya touring car dan formula, tercatat prestasi pembalap 26 tahun di ajang Formula Renault V6 sendiri sangat bagus. Di seri terakhir tahun lalu yang dilangsungkan di sirkuit Shanghai, Cina dengan kondisi cuaca hingga 0 derajat celcius, mampu finish ke-4.

"Awalnya saya nonton KFC Sprint Rally di tempat ini beberapa bulan yang lalu, rupanya saya mulai jatuh cinta ama debu nih mas.. trus cari info deh lewat oom Roni dari R Speed tentang mobil rally, lewat diskusi itu virus debu makin nyebar ke hati nih... sangat menantang buat saya ketika mobil harus bekecepatan tinggi di lintasan tanah" ujar Robin membuka pembicaraan.

Dengan mengendarai Mitsubishi Evo 9, Robin dengan seksama menyimak arahan dari tutornya Akbar Hadianto yang juga sebagai pemilik lama dari kendaraan tersebut.

(Robin Tato (kiri) dan Akbar Hadianto)
"Saya masih agak bingung untuk mengemudikan kendaraan rally, pasti bedalah dengan formula dimana saya berada sendiri saja, tetapi saat ini saya juga harus mendengar arahan dari navigator sambil berkonsentrasi ke lintasannya, untung saja mas Lanang Damardjati yang menemani menjadi navigator sangat sabar, sehingga saya bisa menyimak arahannya, intinya di lintasan rally bukan hapalan tetapi kerjasama dengan navigatornya" tambahnya lagi.

Latihan ini tidak disia-siakannya, tercatat lebih dari 15 lap dilahapnya, dilihat keseriusan dan komitmennya untuk nyebur di rally saya acungi jempol, tidak ada rasa lelah yang ditunjukannya, setiap instruksi langsung dipraktekan.

"Cepat menyerap dan mau untuk mendengar, sejauh ini ok lah mengendalikan mobilnya, saya kira tidak lama lagi bisa masuk hitungan sebagai "kompetitor" neh...." ujar Akbar sang tutornya yang juga sedang mempersiapkan Evo 10 sebagai gantinya nanti.

"Saya perlu latihan terus mas... tuk nambah jam terbang saya, event pertama nanti saya akan mengikuti Junior Rally di tempat ini juga, mudah-mudahan saya sudah agak fasih nyetirnya dan bisa masuk 10 besar" harap Robin Tato

Rencana sirkuit Mandala Pratama ini akan ditutup pada tanggal 18 Maret untuk segera dibongkar dalam persiapan event tersebut, melihat master plan dan jumlah SS nya nanti saya agak takjub.... tapi blom bisa informasikan kepada anda, karena nungggu Press Conference dari Panitianya lah... yang pasti sih.... siapin mobil anda deh ditanggung gak nyesel loh....

Ayo sapa lagi yang mo ketularan virus debu.... judulnya FROM DUST TO RALLY WITH LOVE.... wakakaka....