Selasa, Mei 18, 2010

RESULT BORNEO RALLY 2010

Boleh dibilang rally yang fantastis bagi peserta dan panitia, setelah pada saat survey dimana kondisi alam saat itu hujan lebat membuat SS yang akan dilewati terendam banjir dan tanah longsor sehingga diberikan waktu kembali untuk survey keesokan harinya dari jadwal yang telah ditentukan.

Salut kepada para panitia, kerja keras yang dilakukan untuk membenahi jalan yang putus maupun merapikan jalan akibat bukit yang longsor dalam sehari membuahkan hasil meskipun sebelumnya pada saat acara breifing, panitia mencoba alternatif SS lain dengan kesepakatan bersama dengan para peserta agar rally ini tetap berjalan.

Ceremonial Start yang dilakukan di E-Walk Balikpapan Super Block (Jumat,14 Mei) berlangsung dengan meriah, tercatat 23 peserta mengikuti kegiatan ini dan dilanjutkan dengan start SS di halaman Kantor Bupati Penajam Paser Utara keesokan harinya.

Cuaca berubah menjadi panas terik di hari pertama, seluruh SS dapat dilewati dengan baik sesuai dengan jadwal itinerary yang ada, Roy Nirwan/Alex Ayal pasangan pereli dari Kalimantan Timur mendominasi pada section pertama yang menempuh 3 SS. Tidak halnya dengan pasangan Subhan Aksa/Hade Mboi dari Pertamina Bosowa Rally Team, kendaraan Mitsubishi Evolution IX mengalami over heating di SS ketiga. Dan kejutan pada SS ketiga ini yang merupakan gabungan dari SS 1 dan SS 2 dengan total jarak 29,25 Km, waktu tercepat diraih oleh pasangan Riezka Donalsha/Donny W yang mengendarai Subaru WRXi selama 16 menit 54.1 detik sehingga mampu menjadi peringkat kedua di section ini.

Section kedua di hari pertama ini berlangsung seru hanya 2 SS dari 3 SS yang seharusnya dijalankan dikarenakan keterbatasan waktu akibat dari mundurnya start dipagi hari. Setelah lintasan SS seluruhnya mengering sehingga peserta dapat menambah kecepatannya di Rally Borneo ini yang terkenal dengan karakter High Speed.

Pasangan Subhan Aksa/Hade Mboi mencetak waktu yang fantastis di SS 4 dan 5 ini, setelah tertinggal 1 menit 16.9 detik dari Roy Nirwan akhirnya dapat memperkecil waktu total Rally Borneo Day 1 menjadi 48 detik dari pimpinan sementara team BRM yaitu pasangan Roy Nirwan/Alex Ayal (0:48:58.4). Posisi kedua ditempati pasangan Akbar Hadianto/Arianto Sjarief (0:50:12.7) dari team FBRT SPORT sedangkan rekan setimnya Sadikin Aksa/Adi Wibowo (0:50:36.8) menempati posisi ketiga dan posisi keempat diraih oleh pasangan yang baru mengendari Group N, Riezka Donalsha/Donny W (0:51:4.7)

"Kendaraan kami mengalami overheat di SS 3 sehingga saya harus jalan perlahan, setelah mengganti radiator di service saya mencoba menambah kecepatan 1 detik per kilometer di SS 4 dan 5 dan akhirnya dapat memperkecil ketinggalan waktu tempuh kami dengan Roy Nirwan menjadi 48 detik saja" ujar Subhan Aksa.

Kerja keras panitia harus dibuktikan lagi, hujan deras yang turun sore hingga malam hari membuat lintasan di SS 7 untuk digunakan pada Day 2 kembali longsor, kondisi tersebut terjadi pada subuh hari, panitia dan team dari ITCI bekerja keras untuk menyelesaikan kondisi tersebut, dengan pengunduran waktu start day 2 sekitar 1.30 jam maka lintasan sudah normal kembali.... salut tuk panitia atas kerja kerasnya.

Kondisi jalan yang masih basah di pagi hari ini (minggu) membuat para peserta harus menentukan strategi pemilihan ban untuk menempuh 3 SS langsung dengan jarak total 56.41 Km. Roy Nirwan yang menggunakan ban kering mampu mencetak waktu tercepat di SS 7 diikuti oleh Subhan dan Akbar.

Memasuki SS 8, masalah menghadang Roy Nirwan yang menggunakan tipe ban kering, setelah memasuki jalan yang gembur mengalami pecah ban dan membutuhkan waktu yang banyak untuk memperbaiki kendaraannya.

"Setelah melewati jembatan kayu mungkin ban kami menghantam kayu tersebut dan mengalami pecah, kami harus berusaha melewati jalan gembur ini sejauh sekitar 5 km lagi untuk mendapatkan jalan main road sehingga mobil dapat kami dongkrak, inilah rally segala sesuatu dapat terjadi, tetapi saya harus memberikan contoh untuk pereli lokal Kaltim untuk tidak menyerah dan saya memutuskan untuk menyelesaikan rally ini hingga finish meskipun terkena penalti sekitar 10 menit" kata Roy Nirwan.

Lain halnya dengan pasangan Sadikin Aksa/Adi Wibowo, pada saat SS terakhir (SS 9) mereka masih di posisi ketiga akibat Roy Nirwan melorot ke posisi 6, kendaraan Sadikin mengalami kendala dan harus berhenti sekitar 15 Km sebelum finish.

"Mesin mobil tiba-tiba mati, saya dan adi mencoba memperbaiki kendaraan tersebut tetapi apa daya kerusakan tersebut pada sistem electricalnya, setelah di scan oleh mechanic kerusakan terjadi pada sensor crankshaft dan ini kali pertama saya di tahun 2010 tidak finish dengan kendaraan baru kami, mudah-mudahan di seri berikutnya dapat meraih point kembali" ujar Sadikin Aksa peringkat ketiga Driver Rally 2009 ini.

Akhirnya Subhan Aksa/Hade Mboi neyelesaikan rally ini dengan total waktu tempuh 1 jam 6 menit dan 3.9 detik disusul Akbar Hadianto/Arianto Syarief 45 detik dibelakangnya dan posisi ketiga ditempati oleh Riezka Donalsha/Donny W dengan perbedaan waktu 2 menit 4.2 detik dari juara pertama.

"Penampilan perdana saya dengan mobil Group N, untung saja dibulan lalu kami latihan bersama dengan para komunitas di Dawuan Cikampek, saya mendapat input yang banyak untuk bagaimana menyetir mobil group N ini dan juga pembelajaran pacenote sehingga terbukti di rally ini saya dapat mempraktekannya, posisi ketiga sangat membanggakan untuk saya dan Donni" menurut Eja panggilan dari Riezka Donalsha.

RESULT BORNEO RALLY 2010

Tidak ada komentar: