Kamis, Juli 21, 2011

SUBHAN AKSA TIGA BESAR FIA APRC PACIFIC CUP 2011

Juara Nasional Reli Indonesia 2009 dan 2010, Subhan Aksa, telah menyelesaikan program relinya di tahun 2011 ini. Dengan menyelesaikan Rally Whangarei di Selandia Baru minggu kemarin, maka selesai sudah kejuaraan FIA Pacific Cup 2011 yang terdiri atas tiga seri, di Australia, Kaledonia Baru dan Selandia Baru.

“Pacific Cup merupakan suatu kejuaraan di dalam Asia Pacific Rally Championship. Kejuaraan ini sangat kompetitif mengingat bahwa pereli-pereli terbaik di daerah Asia Pasifik, sebagian besar berasal dari Australia dan Selandia Baru. Hal ini yang menjadi alasan mengapa kami mengambil FIA Pacific Cup sebagai program Subhan tahun ini, sebagai langkah awal kami untuk kembali ke tingkat internasional.” demikian ungkap Mago Sarwono, manajer Bosowa Rally Team.

Di Rally Whangarei minggu kemarin, Subhan Aksa berhasil menempati posisi kedua di bawah pereli tim Proton Satria Neo S 2000, Chris Atkinson. Hal ini mengulang keberhasilan Subhan di putaran pertama, Rally Queensland di Australia bulan Mei lalu, di mana Subhan juga berhasil masuk ke posisi tiga besar. “Dua kali masuk posisi tiga besar di kejuaraan sekompetitif ini, jelas di atas perkiraan kami di awal tahun. Peserta kejuaraan ini merupakan pereli-pereli yang sangat berpengalaman di reli dunia maupun Asia Pasifik, seperti Chris Atkinson, Mark Higgins dan Jean Louis Leyraud. Sehingga kami sangat puas dengan apa yang dicapai Subhan dan Hade.” Lanjut Mago.

“Yang paling penting buat kami tahun ini adalah untuk mengetahui di mana posisi kami di kawasan Asia Pasifik. Masih banyak hal yang harus kami evaluasi, tetapi kami sangat yakin kami di jalan yang benar dalam mengembangkan kecepatan kami untuk tahun-tahun mendatang.” Sambung Subhan Aksa, Juara Nasional Reli 2009 dan 2010 berusia 24 tahun ini.

“Setelah berhasil menjuarai kejuaraan nasional 2 tahun terakhir, memang program tahap kedua untuk Subhan adalah mengejar prestasi di level regional Asia Pasifik. Program ini akan kami jalani untuk beberapa tahun ke depan, dengan harapan Subhan bisa mulai meraih prestasi di level ini dalam 2 atau 3 tahun ke depan. Masih banyak yang harus dikembangkan di segala aspeknya. Dan evaluasi itu kami mulai dari Pacific Cup tahun ini” demikian penjelasan Mago Sarwono mengenai program jangka panjang Subhan Aksa.

Dengan masuknya Subhan Aksa di tiga besar FIA Pacific Cup 2011, maka ini diharapkan menjadi awal kebangkitan pereli muda Indonesia. Diharapkan dalam beberapa tahun ke depan, bibit-bibit pereli nasional Indonesia dapat lebih berbicara di level Internasional.
Klasemen Akhir FIA Pacific Cup 2011 :
1. Chris Atkinson Proton Motorsport 78 point
2. Rifat Sungkar Pertamina Cusco Racing 55 point
3. Subhan Aksa Bosowa Rally Team 47 point
4. Mark Higgins Soueast Motor Kumho Team 37 point
5. Jean Louis Leyraud 28 point

Tidak ada komentar: