Sabtu, Februari 07, 2009

PERATURAN PELENGKAP LOMBA KEJURNAS SLALOM 2009

PELENGKAP PERATURAN LOMBA
DJARUM BLACK NIGHT SLALOM 2009
KEJUARAAN – NASIONAL

Panduan Penempelan Stiker
klik gbr untuk diperbesar

1. JUDUL LOMBA
Kejurnas ini diselenggarakan dengan rekomendasi dari Pengprov Ikatan Motor Indonesia Daerah, Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), dan Instansi Pemerintah lainnya. Berkaitan dengan Kegiatan Djarum Black Night Slalom 2009 - Kejuaraan Nasional dengan jadwal seri sbb :

No. Region/City Date Location
1 BOGOR 14 FEBRUARI 2009 BUMI NIRWANA RESIDENCE
2 SOLO 28 FEBRUARI 2009 STADION MANAHAN
3 MALANG/BATU 30 MEI 2009 JL Ijen Malang/BATU (tentative)
4 DENPASAR - BALI 13 JUNI 2009 SENTRAL PARKIR
5 SERANG 24 OKTOBER 2009 KP3B (KOMP PEMERINTAHAN BARU)
6 BANDUNG 14 NOVEMBER 2009 GD. SATE
7 JAKARTA 28 NOVEMBER 2009 PARKIR TIMUR SENAYAN

2. KEJUARAAN
Kejuaraan ini diperhitungkan untuk merebut gelar JUARA NASIONAL PP IMI dan JUARA UMUM rangkaian Seri DJARUM BLACK NIGHT SLALOM 2009 yang diambil dari hasil poin Juara Umum masing-masing seri (7 seri).

3. SEKRETARIAT
Sekretariat Genta Auto & Sport Jakarta
Phone : 021- 7394321/5575-4752 Fax 55744001/7394321
Hp: 0815-86-243-243, 0888-1094-777
Email ; gentalaras@centrin.net.id

PENDAFTARAN
1. Pendaftaran dianggap sah apabila formulir pendaftaran yang telah diisi dengan nama lengkap, data-data yang benar serta ditanda tangani oleh peserta diatas materai secukupnya dan dikembalikan kepada sekretariat Penyelenggara berikut pelunasan biaya pendaftaran dan melampirkan 2 (dua) lembar photo competitor terbaru.
2. Pendaftaran dapat juga dilakukan melalui transfer ke rek BCA no. 679.003-2029 a/n Tjahyadi Gunawan dan pembayaran melalui transfer akan dianggap sah apabila peserta telah mengirimkan bukti transfer kepada panitia.
3. Setiap peserta yang telah mengisi formulir pendaftaran ini bertanggung jawab penuh yang seluas-luasnya atas kebenaran isi formulir yang telah diisinya (sanksi pemecatan).
4. Peserta dapat mendaftarkan dirinya untuk mengikuti lebih dari satu kelas dalam perlombaan slalom, sesuai dengan peraturan perlombaan pasal II.6.
5. Peserta yang telah membayar biaya pendaftaran akan tetapi kemudian sebelum pelaksanaan perlombaan, peserta tersebut mengundurkan diri, maka uang pendaftarannya akan dikembalikan setelah dipotong biaya administrasi sebesar 50%, dan apabila starting list sudah dikeluarkan Panitia, maka uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
6. Biaya pendaftaran untuk setiap kelas adalah Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) s/d hari jumat pukul 17.00, setelah melewati waktu tersebut pendaftaran Rp. 400.000,- (empat ratus ribu rupiah) untuk setiap kelas.
7. Biaya pendaftaran sudah termasuk biaya premi asuransi yang menjamin kepentingan peserta untuk diri masing-masing maupun kewajiban pihak ketiga yang berlaku pada saat perlombaan berlangsung.
8. Asuransi yang dikeluarkan oleh Panitia Penyelenggara dengan alasan apapun, tidak boleh merugikan asuransi yang dibuat oleh peserta.
Panitia Penyelenggara berhak menolak suatu pendaftaran tanpa wajib memberikan suatu alasan.

4. TANDA PENGENAL, NOMOR START DAN PUBLIKASI
1. Setiap peserta wajib memasang Tanda Pengenal yang berisi photo, data peserta dan kendaraannya, dan dipasang di kaca pintu belakang atau di bagian bak untuk kendaraan kelas D.
2. Pada suatu spatboard depan kiri dan kanan atau kaca belakang kiri dan kanan wajib ditempelkan nama peserta dengan tinggi huruf 3-5 cm.
3. Setiap peserta diberi nomor start besar berukuran ± 40cm x 60cm. yang harus ditempelkan pada pintu depan kiri dan kanan. Nomor start 01 sampai 10 adalah hak dan wajib digunakan oleh Juara Nasional urutan 1 sampai 10 tahun sebelumnya, Satu nomor start untuk satu orang peserta untuk satu kelas.
4. Peserta harus menempelkan stiker wajib yang diberikan panitia ditempat yang sudah ditentukan. Menghilangkan atau menempelkan stiker-stiker wajib mengakibatkan denda yang besarnya Rp. 500.000,- untuk tiap-tiap stiker yang hilang atau tidak terpasang
5. Dilarang menempelkan stiker atau tulisan apapun tanpa persetujuan panitia.
6. Peserta dapat menempelkan stiker lain yang menjadi sponsornya di tempat yang ditentukan panitia (SESUAI LAYOUT PENEMPATAN STICKER SPONSOR TEAM), dengan membayar sebesar Rp. 500.000,- untuk setiap sticker sponsor team yang dipasang, (maksimal 3 sticker) dan tetap wajib menempelkan sticker dari panitia.
7. Sticker Sponsor Djarum Black wajib di pasang di tempat yang sudah ditentukan seperti pada Panduan Sticker yang dikeluarkan panitia, dan pemasangan serta posisinya tidak boleh di rubah ( tidak boleh dimiringkan atau bergeser)
8. Pelanggaran dari ketentuan pemasangan sticker berupa tidak boleh start atau diskualifikasi
9. Penyelenggara maupun sponsor berhak menggunakan foto maupun gambar peserta yang berhubungan dengan Lomba DJARUM BLACK NIGHT SLALOM 2009 ,untuk kepentingan beriklan atau berpromosi tanpa memberikan imbalan apapun bentuknya kepada peserta.
10. Peserta/Team Pabrikan yang akan mempublikasikan hasil prestasinya pada Media Cetak atau lainnya, Wajib menginformasikan Nama Event secara Jelas dan Lengkap termasuk waktu dan tempat even berlangsung, Pelanggaran dari ketentuan ini dapat dikenakan sangsi denda (1000 x biaya iklan x jumlah tayangan) atau diskualifikasi team seri 2009

5. PERATURAN TAMBAHAN
a) Pelaksanaan :
1. Pelaksanaan Kalender Kejuaraan Nasional yang terdaftar resmi pada Kalender Tahunan Ikatan Motor Indonesia 2009
2. Membantu promosi perusahaan sponsor kedalam kegiatan olahraga otomotif yang tepat pelaksanaannya dan dapat dipertanggung jawabkan
3. Sebagai upaya pembinaan masyarakat pemuda pada perilaku positif khususnya tata tertib dan kepatuhan berlalulintas
4. Peraturan Perlombaan ini mengacu pada buku peraturan perlombaan slalom nasional 2009 yang dikeluarkan PP. IMI.
5. Aba-aba/indicator Start menggunakan sarana lampu start
6. Peserta wajib mengenakan baju lomba dari panitia (jika tidak : sangsi mendapat hukuman 5 detik)
7. Scrutinnering akan dilaksanakan pada hari sabtu pukul 08.00 s/d 12.00 diseputar arena lomba
8. Briefing peserta akan dilaksanakan paling lambat 2 jam sebelum lomba dimulai.
b) Peserta :
A. Perorangan/Team
B. Memiliki SIM A/B
C. Memiliki KIS yang berlaku
D. Wajib menjunjung tinggi Sportifitas
E. Jumlah peserta Maksimal 180 starter
• Peserta yang memperebutkan kejuaraan Utama : Kejuaraan Slalom Nasional, Best Seeded B, Best Pemula dan Best Team harus mempergunakan kendaraan yang termasuk dalam kelas A1, A2, A3 dan A Salon yang diatur dalam Peraturan Perlombaan ini
• Peserta yang memperebutkan Kejuaraan Nasional F ( Modifikasi ) adalah peserta yang ikut di dalam kejuaraan kelas F, dimana kelas F ini dapat diikuti oleh semua jenis kelas kendaraan A1, A2, A3, A Salon, B, C, D, E dan kelas F itu sendiri
• Peserta asing diizinkan mengikuti Kejuaraan Nasional Slalom, akan tetapi tidak diperhitungkan dalam point Kejuaraan Nasional, mereka hanya memperebutkan Kejuaraan Umum dan Kelas saja, dan dikelompokkan ke dalam Seeded A.
• Peserta yang memperebutkan Kejuaraan Nasional, Kejuaraan Nasional Seeded B. Kejuaraan Nasional Pemula dan Kejuaraan Nasional FFA ( Modifikasi ) diwajibkan mengikuti lebih dari setengah dari jumlah rangkaian serie Kejuaraan Nasional.
• Setiap Kendaraan Hanya dapat dipakai oleh Maksimum 4 orang Peserta.
• Peserta Seeded A dan Seeded B Hanya diperbolehkan mengikuti maksimum 2 Kelas dan Peserta Pemula Hanya diperbolehkan mengikuti maksimum 3 Kelas dalam setiap seri kejuaraan Nasional. Selanjutnya bagi seluruh peserta, kendaraan pertama yang digunakan pada saat start (ditentukan sendiri oleh peserta pada waktu mendaftar yang harus masuk dalam kategori kelas A1,A2,A3 dan A Salon) adalah yang diperhitungkan untuk memperebutkan Kejuaraan Nasional dan atau Kejuaraan Umum, Seeded B, Pemula, Kejuaraan Wanita (jika ada) serta kejuaraan team. Mobil selanjutnya yang dipergunakan untuk lomba, hanya memperebutkan kejuaraan kelas saja. Adapun untuk perhitungan Kejuaraan Nasional F ( Modifikasi ) adalah jumlah point yang diikuti oleh peserta dengan mengikuti Kelas F.
• Kejuaraan Team Club diperebutkan oleh team yang terdiri dari 3 orang peserta. Hanya satu personil yang dapat diganti, sedangkan dua orang personil wajib menjadi personil tetap di dalam team tersebut dalam 1 tahun seri nasional, peserta hanya dapat dari kelas A1, A2, A3 dan A Salon. Adapun penentuan team pemenang berdasarkan jumlah waktu tempuh terendah dari ketiga anggota team.
c) Protes :
1. Peserta yang mempunyai hak protes yaitu peserta yang mengikuti briefing dari panitia.
2. Protes atas jalannya slalom harus diajukan secara tertulis sesuai dengan ketentuan yang tertera paling lambat 30 menit setelah selesainya 1 heat dengan membeli formulir protes sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) dan mengembalikannya pada pimpinan lomba (CoC) melalui sekretariat lomba dalam waktu selambat-lambatnya 20 menit. Uang jaminan hanya untuk 1 protes dan apabila diajukan 2 proters dengan uang jaminan untuk 1 protes, protes tidak akan dibahas.

6. TATA CARA LOMBA
Pimpinan lomba seizin pengawas lomba bilamana dirasa perlu dapat memerintahkan peserta mengulangi start bila terjadi kesalahan dalam proses pencatatan waktu, gangguan lintasan, gangguan listrik untuk penerangan dan atau untuk pencatatan waktu padam dan peserta wajib mematuhinya, sangsi diskualifikasi.

7. JENIS KEJUARAAN & HADIAH LOMBA
A. Kejuaraan & Hadiah :
1. Kejuaraan Umum
a. Juara Umum I = Piala + Rp. 2.000.000,-
b. Juara Umum II = Piala + Rp. 1.250.000,-
c. Juara Umum III = Piala + Rp. 750.000,-
d. Juara Umum IV = Piala + Rp. 600.000,-
e. Juara Umum V = Piala + Rp. 400.000,-
f. Juara Umum VI s/d X = Piala
2. Kejuaraan Kelas (Kelas A1, A2, A3, A Salon, B,C,D dan E)
a. Juara I = Piala + Rp. 800.000,-
b. Juara II = Piala + Rp. 600.000,-
c. Juara III = Piala + Rp. 400.000,-
3. Kejuaraan Kelas F
a. Juara I = Piala + Rp. 1.000.000,-
b. Juara II = Piala + Rp. 800.000,-
c. Juara III = Piala + Rp. 600.000,
d. Juara IV & V = Piala
4. Kejuaraan Kategori Seeded B
a. Juara I = Piala + Rp. 1.000.000,-
b. Juara II = Piala + Rp. 800.000,-
c. Juara III = Piala + Rp. 600.000,-
d. Juara IV & V = Piala
5. Kejuaraan Kategori Pemula
a. Juara I = Piala + Rp. 1.000.000,-
b. Juara II = Piala + Rp. 800.000,-
c. Juara III = Piala + Rp. 600.000,-
d. Juara IV s/d X = Piala
6. Kejuaraan Wanita
a. Juara I = Piala + Rp. 600.000,-
b. Juara II = Piala + Rp. 500.000,-
c. Juara III = Piala + Rp. 400.000,-
7. Kejuraan TEAM
a. Juara I – III = Piala

B. Ketentuan Kejuaraan untuk setiap kelas dan setiap kejuaraan apabila :
1. Kurang dari 5 peserta maka juara I,II dan II hanya mendapatkan piala saja
2. Hanya terdiri dari 5 peserta, juara I mendapat hadiah piala dan uang, juara II dan II mendapat piala saja.
3. Hanya terdiri paling banyak 6 peserta, juara I&II mendapat hadiah piala dan uang, juara III piala saja
4. Lebih dari 6 peserta, hadiah piala dan uang diberikan lengkap

C. Bila satu peserta mendapat lebih dari satu hadiah dari satu kelas/kategori (misal : juara umum dan juara kelas) maka uang hadiah akan diberikan untuk jumlah tertinggi saja, kecuali untuk pendataran kelas non kejurnas
D. Para pemenang diwajibkan (tidak dapat diwakilkan) untuk hadir pada saat pembagian hadiah, sanksi kehilangan uang hadiah.
E. Pembagian hadiah akan dilakukan oleh Panitia Penyelenggara maksimal 4 jam setelah peserta terakhir menyelesaikan perlombaannya (terkecuali dalam keadaan force majeur yang ditentukan oleh pengawas perlombaan).
F. Juara Umum I Rangkaian serie (10 serie) akan mendapatkan hadiah berupa 1 unit Toyota Yaris (Off the Road), Juara Umum II dan II masing-masing mendapatkan 1 unit sepeda motor.

8. JADWAL LOMBA (ITINERRY)
SABTU
09.00 – 12.00 Scrutineering
13.00 – 13.30 Briefing Peserta
13.30 – 13.50 Persiapan Lomba

14.00 – 17.50 SLALOM - HEAT I
18.00 – 18.30 Break (adzan maghrib)
18.30 – 19.45 Hiburan DJ performance, Band, Dancer dan Games
19.45 – 20.00 Acara Pembukaan :
Sambutan Kepala Daerah
Pengibaran Bendera start

20.00 – 22.30 SLALOM - HEAT II
22.30 – 23.10 SLALOM – HEAT III FINAL (JUARA UMUM)
23.10 – 23.40 Penghitunagn Hasil Lomba (Hiburan DJ performance, Band, Dancer dan Games)

23.40 – 24 00 Pembagian Hadiah Juara

( Jadwal lomba/itinerary/round down acara dapat disesuaikan dengan kondisi lingkunan di lapangan)

PROMOTOR KEJURNAS 2009 : GENTA auto & sport

ORGANIZING COMMITTEE (OC)
Pimpinan Penyelenggara : Tjahyadi Gunawan
Wakil Pimpinan Penyelenggara : Ipoeng MM
Sekretaris / LO : Agungset
Finansial : Anna G
Logistik : Sigit Prayitno
Infra Struktur : Tjai Gunawan
Registrasi : Mariachi
Entertainment : Ipoeng MM

Pengawas Lomba /
Steward of the Meeting (SOM) : PP IMI
Pengprov IMI

RACING COMMITTEE (RC)
Pimpinan Lomba : Tonny Yanuar
Sekretaris Lomba : Fitra Bayu
Scrutineering : Gagan cs
Kamar Hitung (Result) : Abi
Timming system : Ferry Mukti
Marshal : Firdaus

Vendor support
Ambulance & safety : PMI & DPK daerah/regional
Perijinan & pengamanan : Kepolisian Republik Indonesia
Dokumentasi & On line Sistem : MARIACHI PRODUCTION (MP)

5 komentar:

Anonim mengatakan...

kalo mau daftar di bali dimana ya?

Anonim mengatakan...

kayaknya di panitia deh boss

Anonim mengatakan...

hehehe,bs aja.trus tempatnya tetep di sentral parkir?brarti bus-buss pariwisata yg mangkal disana jg boleh ikutan dong?

Anonim mengatakan...

yup,boleh-boleh aja bos.

Anonim mengatakan...

tiket masuk brp yah??