Selasa, Desember 16, 2008

INFO SAFETY (HELM, RACE SUIT & HANS)

Keselamatan dalam dunia olah raga bermotor sangatlah penting, dikarenakan olah raga ini menyerempet dengan maut.. untuk itu perlu kita sadari bahwa keselamatan itu adalah no. 1 untuk diri kita sendiri, memang peralatan tersebut agak mahal seperti Hans saja sekitar 10-12 juta harganya tetapi lebih mahal leher kita kan....

Peraturan Rally & Sprint untuk musim 2009 mewajibkan pengguna kendaraan group N menggunakan peralatan Head & Neck Support (hans), berdasarkan pengalaman musim 2008 ini sudah ada 2 pereli korban akibat tidak menggunakan peralatan tersebut, aturan untuk penggunaan Hans ke non group N dapat juga direalisasikan, mungkin dengan cara IMI sebagai badan otomotif Indonesia membantu menyediakan alat tersebut dan menyewakannya kepada para pembalap atau pereli.

Berikut info tentang peralatan safety

HELM
Seperti juga jok kemudi, helm akan disesuaikan dengan ukuran kepala pembalap.
Helm terbuat dari serat karbon untuk menahan tekanan, serat aramide yang dapat menahan api (panas), aluminium, magnesium dan bahan perekat. Komposisinya detailnya menjadi rahasia perusahaan pembuat helm.

Michael Schumacher helm "Schuberth RF 1.5", kualitasnya diatas helm pembalap F 1 lainnya (tahun 2004).
Terbuat dari 12 lapis serat zylon dan serat karbon.
Berat 1,4 kg
Harga 12.000 - 15.000 Euro !!!



Pada lomba F1, bagian dalam helm terbuat dari bahan nomex yang tahan api.
Pengetesan dengan api (800°C) dilakukan selama 45 detik, selama itu temperatur dalam helm tidak boleh lebih dari 70°C!!

Helm juga dilengkapi dengan sistim ventilasi, sehingga 10 liter udara segar dapat bersirkulasi di dalamnya. Selain itu juga terdapat filter yang dapat menyaring partikel debu, karbon, dll.

Kaca helm (visor) tebalnya hanya 3mm, tapi mampu untuk menahan tembakan peluru yang melesat dengan kecepatan 500km/jam. Berat helm rata-rata 1,2 kg.

PAKAIAN BALAP

Pakaian, sepatu, pakaian dalam (underwear), sarung tangan, pelindung muka semuanya terbuat dari bahan tahan api, yaitu nomex.
Dengan perlengkapan ini pembalap dapat bertahan dalam kobaran api (850°C) selama 35 detik.
Selain itu pakaian juga tahan terhadap bahan kimia, seperti acid (asam).







HANS (Head & Neck Support)

1. HANS sistim
2. tali pengikat elastis, 1 buah disetiap sisi
3. kaitan pengikat di Helm
4. korset untuk pundak







Airbag pada kecepatan tinggi membuatnya sebagai suatu perangkat teknik yang sangat rumit untuk dibuat, terutama dari segi sensor. Getaran yang terlalu keras (gundakan pada sisi jalan) dan juga gaya dari percepatan yang besar dikhawatirkan dapat memacu airbag keluar dan malah membahayakan pengemudi.

Untuk menghindari hal tersebut digunakanlah HANS sistim, Fungsi utama HANS sistim adalah untuk melindungi tulang leher dari bahaya efek tarikan (stretching) yang diakibatkan oleh percepatan kendaraan reli/balapnya (whiplash injury) jika terjadi front crash.

Sebaliknya jika crash terjadi dari arah samping, ada "kemungkinan" resiko cidera leher akan lebih besar jika tidak menggunakan peralatan ini.

Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan tali (gambar no 2), untuk mengambil sebagian energi yang dihasilkan crash, sehingga tidak sepenuhnya diterima oleh leher.

HANS sistim ini wajib dipakai Kejuaraan Nasional Rally & Sprint mulai tahun 2009.