Rabu, November 04, 2009

RICARDO AKAN BOYONG WRC KE MEDAN

Juara nasional reli 2006 Ricardo Gelael berencana untuk memboyong World Rally Championship ke Medan, Sumatera Utara, pada 2012 atau paling lambat 2013. Hal ini diungkapkannya dalam pertemuan dengan sejumlah wartawan di Jakarta, Selasa (3/11) petang.

“Saat ini proses yang kami lakukan baru tahap awal. Saya sendiri sudah menghubungi PP IMI dan pihak-pihak terkait untuk membahas masalah ini. Semoga kami bisa mendatangkan seri WRC ke Medan pada 2012 atau 2013,” kata Ricardo Gelael.

Untuk mewujudkan rencana itu, Ricardo akan menggelar dua seri reli bertaraf internasional di Medan dalam dua tahun ke depan, yakni 2010 dan 2011. Di dua reli berskala internasional ini, Ricardo dan timnya akan mengaplikasi standar yang diwajibkan Komisi WRC FIA untuk calon tuan rumah seri WRC.

Demi tercapainya maksud tersebut, pereli yang akrab disapa Kadok itu juga akan mencoba melobi FIA dan meminta bantuan dari orang-orang yang berperan besar ketika membawa seri WRC ke Medan pada 1996 dan 1997.

Mereka di antaranya mantan Ketua Umum PP IMI Hutomo Mandala Putra, mantan Ketua IMI DKI Jaya Adiguna Sutowo, Indrajit Sarjono dan Toni Hardianto.

Alasan Ricardo memilih Medan karena, menurutnya, daerah ini sudah memiliki infrastruktur yang lengkap mulai dari pelabuhan laut dan bandara internasional, hotel bintang lima, lintasan yang bagus, dan sudah banyak dikenal dunia reli internasional.

Untuk lintasan, Ricardo dan timnya akan fokus di daerah Danau Toba atau Prapat.

Tiga tahun terakhir, PP IMI sebetulnya sudah berusaha keras mendatangkan kembali seri WRC ke Tanah Air. Bloedus Management Indonesia (BMI), yang selama ini dikenal sebagai promotor kejurnas reli nasional, sudah berusaha keras mendatangkan seri WRC ke Indonesia dengan mencalonkan Makassar sebagai tuan rumah.

“Kami juga sudah bicara dengan BMI tentang rencana ini. Maksud kami, jika Makassar nanti gagal, FIA bisa melihat Medan sehingga Indonesia masih punya kesempatan untuk menjadi tuan rumah WRC,” pungkas Ricardo.

Ketika ditanya soal sumber anggaran yang dibutuhkan untuk menggelar seri WRC nanti, Ricardo menyebutkan kemungkinan bakal membentuk semacam perusahaan yang dikhususkan untuk mencari dana.

Sebagai catatan, untuk menggelar satu seri WRC dibutuhkan dana minimal 3 juta dolar AS atau setara Rp 29 miliar. Sementara untuk menggelar seri reli berskala internasional seperti yang akan digelar Ricardo di Medan pada 2010 dan 2011 dibutuhkan dana Rp3 hingga Rp3,5 miliar per seri.wan

sumber situs serge rally team

www.interallyers.blogspot.com